Review Album Sheila on 7

Aku memberikan penilaian di album Sheila on 7 ini dengan rentang nilai skala 4, asumsiku adalah nilai 1 itu lagu yang kurang aku suka, nilai 2 itu lagu yang masih playable untuk didengerin namun hanya sesekali, nilai 3 itu lagu yang nongkrong di playlist, tapi gak terlalu sering di-play, untuk nilai 4 itu lagu yang sering aku putar, pantas untuk kemudian diberi gelar legend :D *ini penilaian subjektif dari aku🙂

So7Self Titled “Sheila on 7”, Album penuh kenangan, menjadi tonggak sejarah Sheila on 7 menembus industri musik Indonesia. Album ini bersejarah, di mana masa putih merahku telah diracuni musik bergaya remaja saat itu. Aku tumbuh dengan musik Sheila on 7, perkenalan pertama ku mungkin agak telat, aku kenal musiknya baru di single kedua, Dan. Dari situ udah mulai interest sama band Jogja satu ini, musiknya sederhana, liriknya luar biasa.

Aku juga punya kenangan di album ini, dulu waktu sakit, secara mengejutkan bapakku membelikan album ini, waktu itu masih jamannya kaset tape. Nah, dari situ aku kulik lagu-lagunya, di album ini juga aku mulai suka sama instrumen Drum. Drummer favorit pertamaku, Anton, yang dulu masih jadi drummer Sheila on 7. Pilihanku gak salah, dia juga turut andil untuk membawa album ini dan juga dua album lainnya meraih angka penjualan di atas 1 juta. Maklum, waktu itu juga masih belum marak pembajakan😀.

Langsung saja, review album pertama Sheila on 7:

Di lagu pertama ada Tertatih, suka sama reff nya, di sini mulai jadi pembuktian Eross untuk menjadi endorser Fender, hehe… Nilai 2 untuk lagu ini. Selanjutnya lagu Kita, udah gak perlu dibahas lebih dalam lagi, lagu ini yang membuat Jan Djuhana berkeyakinan untuk mengontrak Sheila on 7. Nilai 4 pantas disematkan untuk lagu dengan judul 4 huruf ini.

Jap, yup! Masih teringat Dian Sastro jadi montir di music videonya, hehe… Lagu legend ini sudah pasti ada di nilai 4. Lanjut, Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki, judulnya panjang banget ya? tapi tidak kalau pas dinyanyikan, terasa pendek dengan satu tarikan nafas. Nilai 4 untuk track ke empat di album ini.

Track selanjutnya Pe De, sudah mulai suka sejak awal lagu, liriknya jujur dan gak bertele-tele. Duta sekali lagi menunjukkan vokal tingginya dengan satu tarikan napas yang bisa menjangkau setidaknya 7 kata. Nilai 4 untuk lagu ini. Berikutnya lagu Dan, sangat terkesima dengan music videonya, sesederhana musiknya. Gak pake lama, nilai absolut 4.

Terlintas 2 kata, cukup nilai 2 untuk lagu ini. Berai, suka suara assamble-nya dan solo gitarnya Eross, tapi itu tidak membuat lagu ini berajak dari nilai 1. Selanjutnya Bobrok, ini salah satu lagu rebelion yang dipunya Sheila on 7. Kondisi saat itu, era 98-99 mampu memaksa band pop untuk turut menciptakan musik dengan lirik kritik, nilai 2 untuk lagu ini. Perhatikan Rani! Menjadi penutup di album pertama ini, nilai 4 untuk lagu yang ditujukan kepada kakak Rani.

Total perolehan nilai album Sheila on 7 sebesar 31, jadi rata-rata yang didapat di angka 3,1 dari nilai teratas 4.

sheila-on-7-cover-album-kisah-klasik-untuk-masa-depanKisah Klasik Untuk Masa Depan, masih di era putih merah. Di cover album ini makin menonjolkan logo Sheila on 7. Mari beri penilaian:

Lagu pertama dibuka dengan cabikan gitarnya Eross, beatnya lumayan kenceng, nilai 4 untuk Sahabat Sejati. Track selanjutnya bernilai 4, paling suka dengerin Bila Kau Tak Disampingku saat konser, bisa lompat setinggi mungkin di bagian reff. Sephia, menanti di lanjutan, lagu ini menjadi bom bagi ketenaran Sheila on 7, tapi aku gak suka model lagu seperti ini, lagu ini jadi blacklist urutan pertama dan pantas untuk aku kasih nilai 1.

Just For My Mom, lagu full berbahas inggris pertama dari Sheila on 7, lagu pengiring kerinduan akan ibuku. Nilai 4 untuk optimisme di lagu ini. Lagu selanjutnya sesuai judul albumya, Sebuah Kisah Klasik untuk Masa Depan, cocok buat theme song perpisahan kelas di sekolah, nilai 3 mampu diraih lagu ini. Sheila on 7 kembali menghadirkan lagu sederhana layaknya sang penyair yang elok karna puisi. Nilai 3 untuk Temani Aku.

Intro Pagi yang Menakjubkan sungguh menakjubkan, aku suka model lagu kenceng seperti ini, nilai 3 perlu diteriakkan ke kuping mereka. Lihat Dengar Rasakan, maknanya dalem banget, dan aku baru tau itu saat duduk dibangku SMA, telat banget ya? ada satu cerita menarik di lagu ini, temenku yang metalhead paling suka lagu Sheila on 7 yang satu ini, dia juga hapal liriknya, nilai 4 untuk daya magis lagu ini juga untuk solo bassnya Adam.

Masih saja ku teringat, pembuka yang cukup manis di lagu Tunggu Aku di Jakarta, nilai 3 untuk penantian di kota labuhan semua mimpi. Karna Aku Setia tak mampu bernajak dari nilai 2. Tunjuk Satu Bintang, menunjuk untuk nilai 1. Begitu pula lagu pengantar tidur ala Sheila on 7 berada di nilai 1.

Total nilai yang diraih 12 lagu di Album Sebuah Kisah Klasik Untuk Masa Depan sebesar 36, dengan rata-rata 3 dari nilai atas 4.

07_Des07 Des menjadi album persembahan bagi korban meninggal saat konser Sheila on 7 di Bandar Lampung. Cover album ini sangat unik, ada payung kecil di atas lingkaran besar.

Tunjukkan Padaku, menunjukkan bahwa lagu ini pantas bernilai 4, paling suka koor di bagian akhir, seakan bagian itu merupakan penjelas di track pertama ini. Melambat Hingga Ujung Waktu, nilai 1 untuk lagu rapuh satu ini. Seberapa Pantas mampu menyakinkan aku untuk memberi nilai 4, paling suka dengerin lagu ini pake earphoe, rasakan sensasinya waktu solo gitar, kuping serasa berdenging di part terakhirnya.

Seandaiya, tapi lagu ini tidak dapat memilih untuk tidak beranjak di nilai 2. Berikutnya ada Buat Aku Tersenyum, suka sama variasi drumnya Anton, lagunya sederhana, lagu ini mampu bertahan di nilai 4. Lagu selanjutnya ini pernah aku nyanyikan di kelas jaman putih biru waktu kesenian, Saat Aku Lanjut Usia, hingga nanti lagu ini bernilai 4. Mari Bercinta, lagu ciptaan Anton ini liriknya istimewa, tapi itu tidak mampu beranjak jauh dari nilai 3.

Suka nih sama lagu kenceng satu ini, nilai 4 untuk Terimakasih Bijaksana, lagu ini emang termuach di kuping, penuh energi sampai akhir. Takkan Pernah Menyesal siap menyambut di belakang dengan nilai 2. Tentang Hidup, jadi teringat lagu pembuka 3 On 3 Concert di Jogja tahun 2012. Nilai 3 untuk lagu ini. Bapak-bapak mendapat nilai 4, suka dengan suara peluit di awal lagu, sepertinya ini lagu cocok untuk calon mertua.

Percayakan Padaku, sensasi petikan gitar dari Eross gak perlu diragukan lagi, ramuan yang tepat dengan assamble, tapi sayang masih berada di nilai 2. Berikutnya buat para jomblowan! Pria Kesepian, nilai 4 untuk lagu kenceng satu ini, suaranya Eross ga kalah sama permainan gitarnya. Dan bila kau harus pergi, lagu ini nilainya 1, Waktu Yang Tepat Untuk Berpisah.

Total keseluruhan nilai 14 lagu di Album 07 Des yaitu 42, menghasilkan nilai rata-rata 3 dari nilai teratas 4.

pejantan tangguh1Pejantan Tangguh, ini era di mana pembajakan mulai menggila, nilai penjualan album ini tidak sebesar 3 album sebelumnya. Di album berlogo ayam ini juga Sheila on 7 mulai berkonflik serius, Anton mulai meninggalkan posisi Drummer di band yang membesarkan namanya, kemudian Sakti juga harus berhijrah.

Penjantan Tangguh berdiri tegak di barisan pertama, patut untuk diberikan nilai 4. Kemudian Itu Aku tidak perlu menunggu selama ribuan hari untuk bisa mendapatkan nilai 4. Pemuja Rahasia, dan akhirnya aku punya alibi di lagu ini, jangan mengumbar 2 baris terakhir di lagu ini, ntar keturutan malah jadi masalah😀, emang awal denger agak aneh dengan gaya RnB nya, tapi tetap bernilai 4.

Track keempat, Pilihlah Aku hanya punya nilai 1. Brilliant3x, suka sama opening lagu ini, nilai 3 sesuai dengan pengulangannya. Tanyaku mengiringi lagu ini ke nilai 1. Generasi Patah Hati, ini lagu kedua yang punya lirik kritik sosial setelah Bobrok, nilai 3 untuk lagu ini. Materi selanjutnya Coba Kau Mendekat dengan backing vocal suara cewek tak mampu melangkah jauh dari nilai 2. Lagu berikutnya membuat aku agak ragu untuk menyanyikannya, Ketidakwarasan Padaku, nilai 1.

Pendosa, menghentak di awalan, lirik bertutur cerdas nilai 3 untuk lagu ini. Tolong untuk lagu yang ini aku kasih nilai 4, Jangan Beritahu Niah. Lagu terakhir di album ini persembahan khusus Eross pada anak angkatnya, Khaylila, paduan assamblenya mengantarkan lagu ini mendapatkan nilai 3.

Total keseluruhan nilai album Penjantan Tangguh adalah 33, dengan rata-rata sebesar 2,75 dari nilai teratas 4.

507507, sesuai judulnya, album ini merupakan album kelima Sheila on 7. Brian secara resmi masuk sebagai member, setelah diospek kurang lebih selama 2 tahun.

Tembang pertama berjudul Radio, nilai 3 untuk lagu ini. Mantan Kekasih masih diselimuti awan hitam dan tak beranjak dari nilai 2, suka sama quotenya “kau tak slalu bisa punya yang kau inginkan”. Ingin Pulang, menginginkanku untuk beri nilai 2. Kau Kini Ada mampu meraih nilai 4. Pemenang lagu upbeat favorit di era Brian, bersiaplah untuk nilai 4.

Bingkisan Tuhan, hanya mampu membawa nilai 1. Terlalu Singkat, memang singkat jika tidak diberi nilai 4. Track kedelapan hanya mampu menjamah nilai 1, untuk Terjamah Yang Lain. Cahaya Terang untuk Sakti ini mampu menerangi nilai 3. Materi terakhir di album ini bernilai 1, sangat asing di telinga, Last Pretence.

Hasil total perolehan nilai untuk album 507 sebesar 25, yang berata-rata 2,5 dari nilai atas 4.

Menentukan ArahMenentukan Arah, benar-benar album yang sedang mencari arah ke mana musik Sheila on 7 yang baru nantinya akan berlayar. Di album ini, logo Sheila on 7 berganti dari yang lama.

Dibuka dengan lagu Arah yang melangkah di nilai 2. Betapa, paling suka kalau denger waktu live bukan lewat audio cd, nilai 3 untuk lagu sederhana ini. Nilai 4 tak akan terlewat untuk Yang Terlewat, mendayu tapi tak layu. Lagu Ibu Linda ini bernilai 2, sedangkan Jalan Keluar bernilai 1.

Tuhan aku berjalan menyusuri malam, dibuat Mudah Saja untuk memberikan nilai 3 di lagu ini. Lia Lia Lia harus berdiam di nilai 2. Alasanku, walau suaranya Duta melengking di lagu ini, tapi nilai yang diperoleh tak mampu meninggi, hanya berada di nilai 1. Materi kesembilan, sekaligus track terakhir di lagu ini kurang beruntung karna hanya membawa nilai 2. Sampai Kapan tak mampu bergerak melebihi nilai 1, lagu ini juga terasa asing di kuping.

Menentukan Arah memperoleh total nilai sebesar 21, dengan rata-rata 2,1 dari nilai atas 4.

BerlayarBerlayar, akhirnya kapal Sheila on 7 mulai berlayar ke arah persinggahan yang baru. Musik mereka mulai tergambar dengan jelas di album ini dibandingkan album sebelumnya. Terasa nuansa baru di album dengan cover rajutan ini. Berlayar menjadi reborn bagi musik Sheila on 7 yang berformat 4 orang.

Have Fun, sesuai judulnya lagu ini mengajarkan kita bagaimana caranya bersenang-senang setelah menuaikan kewajiban, nilai 3 untuk lagu ini. Pasti ku Bisa meraih nilai 4, akhir lagu yg upbeat cukup sebagai penawar kerinduan style musik kenceng dari Sheila on 7. Suka fill in Brian di intro lagu ke tiga, Hujan Turun mampu membasahi nilai 4.

On the Phone menyampaikan salam dari nilai 3, Hari Bersamanya, paling suka kalau denger pas live, bukan di cd, nilai 4 untuk lagu yang music videonya kocak ini. Berlayar Denganku berdiam di nilai 3. Perfect Time hanya mampu mendapat nilai 1, kemudian Kamus Hidupku bernilai 2, kedua lagu itu lumayan buat selingan waktu live. Bait Pertama berhasil meraih nilai 3, lebih bagus lagi ditambahi improvisasi Duta waktu live. Terakhir, cover Hari Bersamanya versi akustik, nilai 3 buat alternatif lagu aslinya.

Total nilai yang diraih album Berlayar sebesar 27, menghasilkan rata-rata yaitu 2,7 dari nilai atas 4.

Ranking menurut penilaianku:

  1. Self Titled “Sheila on 7”
  2. Sebuah Kisah Klasik Untuk Masa Depan
  3. 07 Des
  4. Pejantan Tangguh
  5. Berlayar
  6. Musim Yang Baik
  7. 507
  8. Menentukan Arah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s